Fashion / Tips

CARA TEPAT PERAWATAN PAKAIAN BATIK, LACE DAN SUTRA.


Image
Kita cenderung mempercayakan perawatan  semua pakaian di jasa laundry atau drycleaning. Praktis dan cepat. Tapi, tahukah Anda kalau tidak semua jenis kain cocok dibersihkan melalui drycleaning? Ada beberapa jenis kain seperti batik, lace dan sutra yang bisa rusak atau pudar keindahan warna dan teksturnya karena proses pencucian instan ini. Beberapa dari mereka disarankan dicuci dengan tangan dengan metode berbeda.  Nah, supaya pakaian Anda tetap terlihat cantik dan bersih, yuk kita simak cara tepat perawatan busana batik,lace dan sutra.
BATIK
Image
Batik saat ini sudah banyak macamnya. Ada yang bermotif print atau cetakan di pabrik, ada juga yang diwarnai secara alami dengan lilin bernama malam. Untuk batik print, Anda bisa saja membersihkannya dengan mesin cuci atau drycleaner seperti pakaian berbahan katun atau polyester. Tapi untuk batik alami? Wah, bisa-bisa bahan kimianya memudarkan warna batik. Bagaimanapun juga, cara terbaik membersihkan pakaian batik adalah dengan tangan.
Menurut Kompas.com, cara tepat membersihkan batik alami adalah dengan menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yang sudah diredam air hangat. Caranya, remas-remas buah lerak atau daun dilem sampai mengeluarkan busa, lalu tambahkan air secukupnya, lalu cucilah batik Anda. Aroma buah lerak mampu mencegah munculnya serangga yang bisa merusak kain. Bingung mencari lerak kemana? Jangan khawatir. Beli saja larutan lerak yang banyak dijual di pasaran.
Selain menggunakan lerak, Anda juga bisa menggunakan shampo dan jeruk nipis. Larutkan shampo sehingga tak ada bagian yang mengental, lalu celupkan batik tersebut. Menurut Yahoo! Style Factor di OMG, sapuan jeruk nipis bisa menghilangkan noda membandel di permukaan pakaian batik. Jangan peras untuk mengeringkan, namun gantung dan angin-anginkanlah di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
Untuk menyetrika batik, lakukan dengan melapisinya terlebih dahulu dengan kain katun. Begitu juga saat menyimpan di lemari, sebaiknya ia dibungkus dengan kertas minyak sebelum digantung atau dilipat dalam lemari agar warnanya tidak bercampur dengan kain lain.
Ditambahkan pula oleh Kompas, hindari meletakkan kapur barus di dalam lemari karena zat kerasnya bisa merusak batik. Agar batik tak dimakan ngengat, letakkan kertas tisu yang berisi merica di dalam lemari. Atau, letakkan akar wangi yang sudah dua kali melalu proses pencelupan dalam air panas dan dijemur hingga kering.
Dari berbagai cara tepat merawat pakaian batik tersebut, pilihlah yang termudah dan ternyaman bagi Anda.
LACE
Image
Lace adalah kain yang menyerupai jala dengan ornamen atau sulaman dan mudah sekali rusak bila tidak dirawat dengan hati-hati.  Sehelai saja benang atau jalanya tertarik atau rusak, maka hilanglah kesempurnaan keindahan pakaian tersebut. Agar pakaian lace awet, Anda harus ekstra hati-hati dalam mencuci dan mengeringkannya.
Cara teraman membersihkan lace adalah dengan hand-wash cleaning atau mencucinya dengan tangan. Namun Anda juga bisa menggunakan mesin cuci dengan prosedur yang tidak sedikit. Pakaian lace Anda harus dicuci secara terpisah dengan pakaian lain terutama pakaian berserat kasar seperti tweed, wool akrilik ataujeans. Usahakan mencuci pakaian lace yang berbeda warna secara terpisah. Situs about.com menyarankan Anda untuk menutup ritsletingnya dengan sempurna sebelum ia masuk mesin cuci untuk menghindari bahanlace robek atau tersangkut gerigi ritsleting.
Sebelum mengeringkannya dengan mesin cuci, masukkan pakaian ini ke dalam garment bag katun dan biarkan ia mengering di dalamnya. Sebagaimana dijelaskan ehow.com, perhatikan kehalusan material lace ini. Semakin halus permukaannya, maka Anda harus lebih hati-hati memilih level pengeringan. Low atau Air-Dryadalah yang dianjurkan.
Untuk penyetrikaan, lapisi terlebih dahulu pakaian lace Anda dengan sehelai katun. Bila ingin lebih praktis,  gunakan setrika uap atau garment steamer.
Beberapa jenis pakaian lace bisa dibersihkan dengan mesin cuci, namun untuk jenis tertentu dengan banyak aplikasi seperti manik-manik, diamante atau kristal, saran terbaik adalah menyerahkannya ke jasa drycleaningkarena bahan ini tidak bermasalah dengan pencucian berbahan kimia.
Silk
Image
Cara termudah membersihkan pakaian berbahan sutra adalah dengan membawanya ke drycleaner. Meski demikian, pastikan petugas drycleaning memperlakukan pakaian tersebut dengan tepat. Sebagaimana dikutip dari Yahoo!Voices, Anda harus yakinkan si petugas untuk memisahkan pakaian ini dari pakaian lain yang seratnya kasar atau keras seperti tweed atau akrilik sehingga permukaan pakaian sutra tidak tergores.
Selain drycleaning, Anda pun bisa membersihkan sendiri pakaian sutra di rumah. Jangan pernah merendam atau mencucinya dengan mesin cuci. Menurut Yahoo! Style Factor di OMG,  ini akan merusak serat dan warna sutra. Sebaliknya, cukup usap-usap permukaan pakaian sutra Anda dengan larutan shampo yang tidak mengandung minyak. Anda disarankan menggunakan air hangat agar pelapis (coating) kain sutra tersebut bersinar kembali. Untuk menghilangkan noda membandel, usapkan cairan cuka hingga kotorannya menghilang. Untuk mengeringkannya cukup diangin-anginkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari supaya warnanya tidak menguning.
Saat menyimpan pakaian sutra di lemari, cara terbaik adalah dengan memasukkannya ke dalam sarung bantal berbahan katun. Ini supaya sutra yang berbahan organik ini bisa bernafas dengan baik. Menyarungkannya dalam kantong plastik berisiko penjamuran dan serangan ngengat.
Semoga tips ini berguna untuk merawat pakaian Anda yang berbahan batik, lace dan sutra yang relatif mahal. Have a try, ladies. Love, VOGAMODA.

Source media : google

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s