kesehatan

8 MAKANAN PENGURANG STRES


Image

Siapa sih yang nggak pernah stres dalam kesehariannya? Sepertinya kita semua pasti pernah mengalaminya, yah, ladies. Tapi kalau terlalu sering stres? Aduh, bisa-bisa muka jadi berkerut dan cepat tua, Vogamoders. Tapi jangan khawatir. Kali ini VOGAMODA mau berbagi info mengenai 8 makanan yang terbukti bisa mengurangi perasaan tak enak saat sedang stres, nih. Mau tahu? Yuk, kita kenali sekarang!

  1. JERUK.Sebuah penelitian mengenai penanganan stres di Jerman menunjukkan bahwa dengan memakan sebuah jeruk, stres kita bisa berkurang.Ini karena kandungan vitamin  C pada jeruk mampu menurunkan tekanan darah dan jumlah hormon kortisol yang meningkat saat kita cemas atau galau. Vitamin C juga terbukti dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, lho. Image
  2. IKAN SALMON. Ikan salmon mengandung asam omega-3 yang tidak saja menjaga kesehatan jantung, tapi juga mengontrol kadar hormon kortisol (pemicu stres) dan adrenalin agar tetap normal.Image
  3. KACANG ARAB, ALMOND DAN KENARI. Kacang arab dan kenari terbukti mengurangi stres karena dengan mengkonsumsinya, tekanan darah Anda terjaga agar tetap normal. Sementara itu, buah almond mengandung vitamin B dan E yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh.Image
  4. UBI. Ubi memasok karbohidrat dan rasa manis yang kita butuhkan setelah energi terkuras karena tertekan atau stres. Ia juga memiliki banyak vitamin dan zat beta karoten yang bertindak sebagai antioksidan. Tanpa oksidan atau racun yang membuat lesu, tentunya pikiran dan tubuh Anda menjadi segar dan mampu mencari solusi dari masalah yang membuat stres.Image
  5. BAYAM. Bayam dapat mengurangi beban stres karena kandungan magnesium. Magnesium berfungsi menghindarkan rasa sakit kepala dan lelah. Secangkir bayam memenuhi 40% kebutuhan harian magnesium Anda. Mengkonsumsi bayam secara teratur membuat Anda lebih bertenaga dan tak mudah pusing.Image
  6. ALPUKAT. Stres muncul saat kita tertekan dan tekanan darah menurun. Untuk mengantisipasi menurunnya tekanan darah, Anda perlu mengkonsumsi potasium seperti yang dikandung alpukat. Potasium berfungsi mengembalikan tekanan darah pada level normal sehingga pikiran Anda terasa lebih jernih.Image
  7. SAYURAN HIJAU. Sayuran hijau seperti brokoli adalah gudang vitamin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan asupan vitamin yang cukup, Anda tak mudah kehilangan tenaga dan lebih kuat menahan tekanan.Image
  8. MANISAN APRIKOT. Manisan aprikot merupakan cemilan yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi stres. Di saat stres, tanpa disadari otot-otot kita mengencang. Mengerutkan dahi, mengepalkan tangan, dll.  Aprikot mengandung magnesium yang secara alami membuat otot-otot tubuh menjadi rileks dan santai.Image

(Image Source : Google & Shutterstock)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s