Beauty / kesehatan / Tips

TIPS SEHAT HILANGKAN SELULIT


Image

Dear VOGAMODERS… Tahu nggak, kalau hampir 90% wanita memiliki selulit? Bahkan superstar pemilik bokong seksi, Kylie Minogue, juga mengaku dirinya punya selulit. Gara-gara selulit, banyak wanita yang malu mengenakan hotpants atau bikini saat berenang. Hmmm, apa sih yang menjadi penyebab selulit dan bagaimana ya cara mengatasinya? Berikut kompilasi mengenai selulit yang VOGAMODA rangkum dari berbagai sumber!

APA ITU SELULIT?

Selulit bukanlah penyakit  kulit yang dapat disembuhkan dengan obat. Selulit merupakan kondisi kulit yang tidak mulus dan bergelombang bagaikan kulit jeruk. Selulit biasanya terdapat di area lengan atas di bagian dalam dan belakang, paha bagian dalam dan belakang, punggung, perut dan bokong.

PENYEBAB SELULIT

Ada 3 penyebab selulit. Yang pertama, selulit muncul karena penimbunan lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit. Timbunan ini terjadi karena ia tidak terdistribusi dengan baik. Gumpalan lemak yang terperangkap ini umumnya  disebabkan pemakaian pakaian atau celana yang terlalu ketat. Penyebab kedua adalah stres. Saat sedang stres, hormon kortisol Anda meningkat dan ini menyebabkan penipisan kulit dan peningkatan lemak. Sedangkan penyebab terakhir merupakan hormon estrogen yang meningkat, khususnya ketika wanita akan menstruasi dan ketika hamil. Oleh karena itu, anggapan bahwa selulit hanya dialami oleh wanita yang kelebihan berat badan adalah salah.

GEJALA SELULIT

Gejala selulit bisa berbeda sesuai kondisi setiap wanita. Ada yang jelas terlihat, ada juga yang hanya terlihat saat kamu meregangkan kulit. Meski tidak dianggap sebagai penyakit serius oleh dunia medis, namun banyak wanita yang menganggap selulit mengganggu penampilan, khususnya saat mengenakan dress, celana atau rok pendek.

CARA MENGHILANGKAN SELULIT

Karena selulit bukan penyakit dan tak bisa dihilangkan dengan obat, maka cara mengatasinya adalah dengan memperhatikan gaya hidup. Selulit berhubungan dengan penimbunan lemak, stres dan hormon. Meski tidak bisa disembuhkan total, namun ia bisa disamarkan sehingga tak terlihat. Berikut ini tips yang cukup efektif dalam menghindari dan menghilangkan selulit.

  1. Olahraga Rutin. Agar lemak tidak menumpuk, lakukan olahraga secara teratur. Gabungkan olahraga jantung (cardio) dengan pembentukan badan seperti latihan lengan, dada, perut, kaki, dll. Dengan berolahraga, peredaran darah menjadi lancar dan selulit pun menghilang.
  2. Banyak Minum Air Putih. Air putih ‘membersihkan’ tubuh dengan menyingkirkan setiap kelebihan natrium yang menyebabkan retensi cairan. Retensi cairan adalah penahanan air dalam tubuh akibat kesulitan mengeliminasi natrium atau garam. Retensi cairan mengakibatkan penyumbatan dan pembengkakan. Minumlah minimal 8 gelas air putih sehari agar terhindar dari selulit.
  3. Hindari Junk Food. Junk food atau makanan cepat saji umumnya diawetkan dan mengandung banyak natrium. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, natrium menyebabkan retensi cairan. Terlalu banyak konsumsi natrium akan mengantarkan Anda pada berbagai masalah termasuk selulit. Hentikan kebiasaan memakan junk food dan beralihlah ke makanan sehat.
  4. Kurangi Stres. Stres membuat hormon kortisol kamu meningkat dan hormon ini berperan dalam kehadiran selulit. Perbanyak berdoa dan mintalah dukungan teman atau keluarga di saat stres. Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang bisa mengurangi stress, lho. Coba baca artikel VOGAMODA yang berjudul 8 Makanan Pengurang Stres.
  5. Jangan Merokok. Rokok berbahaya bagi kulit karena ia memangkas aliran makanan ke kulit dan malah memasukkan racun. Dengan merokok, bukan saja selulit yang Anda dapatkan, namun juga kulit kusam dan keriput. Karena itu, stop merokok!
  6. Konsumsi Ikan dan Kacang yang Kaya Protein. Protein mengandung albumin yang membantu menyerap kelebihan cairan. Masukkan ikan, tahu atau kacang-kacangan dalam menu Anda setiap hari untuk mengurangi selulit.
  7. Konsumsi Asam Lemak Esensial. Asam lemak esensial membuat jaringan di sekitar sel lemak menjadi lebih kuat. Sebagaimana kita ketahui, selulit muncul karena lemak menerobos jaringan kulit sehingga menimbulkan tekstur yang tidak rata. Asam lemak memperkuat jaringan ini sehingga selulit pun tak terjadi. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak di antaranya adalah minyak zaitun, minyak kemiri dan minyak ikan. Cobalah mengkonsumsi salad yang dilumuri minyak zaitun untuk mengenyahkan selulit ini.
  8. Gosok Tubuh Saat Mandi. Menggosok kulit efektif menghilangkan selulit karena ia membuang tumpukan kulit mati, merangsang peredaran darah secara normal, dan memperlancar aliran limfatik Anda. Lakukanlah setiap mandi agar kulit Anda semakin mulus dan rata.
  9. Gunakan Pelembab Pengencang Kulit. Ada banyak pelembab kulit yang dibuat dengan fungsi berbeda. Pilihlah pelembab kulit dengan fungsi anti selulit atau mengencangkan kulit atau body firming. Pelembab ini biasanya mengandung kolagen yang membuat kulit lebih mulus dan kencang.
  10. Pijat. Selain untuk relaksasi, pijat yang dilakukan rutin berfungsi memperlancar peredaran darah dan membuat otot serta syaraf menjadi tidak tegang. Pijat juga dapat menghancurkan lemak di tubuh sehingga selulit kamu pun bisa menghilang.

 

Bagaimana VOGAMODERS? Tentunya dengan ulasan dan tips tadi, kamu jadi tahu penyebab dan cara menghilangkan si ‘kulit jeruk’ ini. Meskipun selulit bukan penyakit, namun kamu nggak mau dong jadi malu mengenakan celana pendek karena kulit paha tidak rata. Ya, nggak. Oke deh, ladies. Sampai jumpa lagi di blog kesayangan kamu ini… Love. VOGAMODA

 

Sumber: Mayoclinic, Femina Online, Arhamvhy, Oprah.com

Image Source: Shutterstock

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s